Minggu, 24 Februari 2013

RISOGRAF





1.      PENGERTIAN MESIN RISOGRAF
Risograph adalah sistem cetak digital dengan kecepatan tinggi yang diproduksi oleh Kagaku Riso Corporation dan dirancang terutama untuk pencetakan volume tinggi dan fotokopi. Mesin Risograph sering disebut dengan RISO Printer-Peniru, karena penggunaan umum mereka sebagai jaringan printer serta berdiri sendiri duplikator. Ketika mencetak atau menyalin beberapa naskah dengan jumlah biasanya lebih dari 20, maka biasanya jauh lebih murah per halaman daripada konvensional mesin fotokopi, laser printer, atau printer inkjet. Mesin risograph berfungsi untuk membuat copy untuk jumlah yang besar dengan menggunakan master copy, dapat memperbesar dan memperkecil, serta dapat merubah warna sesuai keinginan.

2.       MEKANISME KERJA RISOGRAF
Teknologi mesin terbaru abad ini dengan mekanisme kerja sangat mirip dengan mesin fotokopi (Photocopy, copier). Mesin cetak Riso menyatukan beberapa proses yang sebelumnya dilakukan secara manual, misalnya dengan menggunakan Riso Cetak Gocco sistem atau Gestetner sistem.
Dokumen/naskah asli dipindai (scanning) melalui mesin dan master yang dibuat, master ini kemudian melilit ke drum dan tinta keluar melalui rongga dalam drum tinta. Master paper berjalan datar melalui mesin, sementara drum tinta Riso berputar dengan kecepatan tinggi untuk mencetak setiap teks/gambar ke atas kertas.
Teknologi sederhana ini sangat bisa diandalkan dibandingkan dengan mesin fotokopi standar dan dapat mencapai kecepatan yang sangat tinggi (biasanya 120-130 halaman per menit) dan berbiaya sangat rendah. Sebuah umur mesin yang baik untuk mesin cetak sekelas Risograph dapat mencapai pembuatan sekitar 5.000.000 lembar cetak dan 100.000 lembar master.
Komponen utama master thermal head pada Risograph dibuat oleh perusahaan Toshiba. Teknologi serupa mesin Risographs diproduksi juga oleh Ricoh, Gestetner, Rex Rotary dan Nashuatec. Kini, semua merek ini selain Riso, telah dimiliki oleh Ricoh.
Karena proses tersebut memakai tinta cetak seperti cetak offset - dan tidak memerlukan panas untuk memperbaiki gambar pada kertas – seperti mesin fotokopi atau printer laser – output dari risograph dapat dikategorikan seperti materi cetakan lainnya. Ini berarti bahwa lembar yang telah dicetak dengan risograph dapat sebanding dengan kualitas printer laser (600 dpi).
Untuk sekolah, klub, perguruan tinggi, politik kampanye dan pekerjaan jangka pendek lainnya yang perlu dicetak, Risograph menjembatani kesenjangan antara mesin fotokopi standar dan kemampuan dari mesin cetak komersial (mesin cetak offset).
3.       BAGIAN-BAGIAN RISOGRAF

a)      Tinta Riso yg digunakan sejenis pasta, terbuat dari bahan dasar kedelai (Soy oil), proses waktu kering dikertas telah dirancang sedemikian rupa untuk tidak terlalu cepat atau terlalu lama untuk kering dan tidak ada efek samping bagi operator. Tinta dalam tube, bisa disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan dalam kondisi terbuka juga tidak akan bisa mengering, sehingga aman disimpan sebagai stok jangka panjang, dan waterproof (anti air). Kapasitas tinta Riso 1 tube (800ml-1ltr) mampu mencetak 15.000 s/d 30.000 lbr, tergantung kualitas cetakan dan ukuran (maks. A-3).
b)      Hampir seluruh jenis kertas (yang berpori dan tekstur, art-paper blm bisa) karena proses pengeringan tinta adalah penyerapan ke dalam pori-pori kertas. Jika sudah kering, akan waterproof. Ukuran maks. A-3, ketebalan kertas mulai 46 gsm s/d 210 gsm.
c)      Sistem operasionalnya seperti mesin cetak offset atau mesin photocopy. Mesin bekerja seperti mesin cetak offset (menggunakan master, atau plate di  cetak offset, atau juga sheet di cetak stensil) proses pembuatan master secara digital (scanning atau langsung dieksekusi dari komputer), menempatkan master pada drum secara otomatis; proses ini memakan waktu sekitar 20 detik, dan siap cetak dengan kecepatan hingga 150lbr/mnt. Pengoperasiannya semudah mesin photocopy karena tinggal tekan tombol, semua beroperasi secara otomatis, makanya dari kalangan pengusaha fotokopi, mesin ini dijuluki mesin cetak super cepat.
d)      Konsumsi listrik, saat loading, hanya sekian detik mulai 250 watt hingga 360 watt (tergantung type mesin Riso. Dan pada saat running maks. 250 watt. Ukurannya mungkin bisa sebanding seperti mesin fotokopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar